Komisi X Dorong Peningkatan Sarpras Pariwisata Berau - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Komisi X Dorong Peningkatan Sarpras Pariwisata Berau

Sabtu, Agustus 04, 2018
Berau(KALTIM).GP- Anggota Komisi X DPR Sri Meliyana mendorong peningkatan sarana dan prasarana untuk mendukung berkembangnya potensi pariwisata Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur. Pasalnya,  Berau merupakan salah satu daerah tujuan wisata yang memiliki potensi budaya dan pariwisata yang menarik, salah satunya adalah Kepulauan Derawan.

“Kita butuh sesuatu yang lebih untuk menggiatkan pulau ini secara ekonomis. Kita perlu menambah sarana dan prasarana, terutama untuk olahraga air. Sehingga bisa jalan berbarengan dengan wisata air,” kata Meli, panggilan akrabnya, saat mengikuti Kunjungan Kerja Komisi X DPR RI ke Berau, Kaltim, baru-baru ini.

Di sisi lain, politisi Partai Gerindra itu menambahkan, pemerintah, baik pusat, provinsi, maupun kabupaten harus membuat masyarakat Kabupaten Berau, dan Kaltim pada umumnya, menyadari bahwa mereka memiliki pulau yang begitu potensial untuk dikembangkan menjadi satu daerah wisata unggulan.

“Di sini kita bisa lihat masih standar, karena masih dikelola oleh pemerintah kabupaten. Mungkin pemerintah pusat bisa melihat dan bisa membantu menjadikan ini satu kawasan wisata air, atau satu kawasan wisata bahari yang sebenarnya,” kata politisi dapil Sumatera Selatan itu.

Tim Kunker Komisi X DPR RI tinjau Wisata Bahari Derawan, Berau, Kaltim

Sementara itu, Bupati Berau Muharram mengatakan, pariwisata menjadi salah satu andalan yang saat ini dikembangkan Pemerintah Kabupaten Berau. Masyarakat dan pengusaha sektor pariwisata diminta untuk ikut berpartisipasi mengembangkan sektor ini dengan mengelola secara baik.

Ia menegaskan masyarakat yang berada di obyek wisata bisa mengelola kekayaan yang ada secara maksimal, sehingga memberikan hasil positif bagi perkembangan perekonomian masyarakat sendiri.

Muharram berharap masyarakat tidak hanya mencari keuntungan sesaat saja. Namun harus bisa memikirkan dampak jangka panjang dalam menjaga kunjungan wisatawan. Seperti menawarkan harga-harga barang di obyek wisata serta penginapan untuk tidak mengambil keuntungan besar.

“Kita harapkan wisatawan yang datang ke sini bisa kembali lagi dengan membawa wisatawan lainnya. Ini harus kita pertahankan terus agar mereka tidak kapok datang ke sini,” jelasnya di hadapan Tim Kunker Komisi X DPR RI.

Kepulauan Derawan memiliki sejumlah objek wisata bahari nan menawan yang masih belum diketahui banyak wisatawan. Satu dari sejumlah objek wisata yang bisa anda nikmati adalah Taman Bawah Laut yang menyimpan jutaan pesona yang bisa membius para wisatawan domestik maupun mancanegara saat melakukan snorkeling di kawasan ini.

Untuk menuju Kepulauan Derawan, bisa menggunakan pesawat Bandara Sepinggan, Balikpapan ke Bandara Kalimarau, Berau selama satu jam. Perjalanan dilanjutkan menggunakan kapal atau speed boat melalui Pelabuhan Tanjung Redeb di Berau ke Pulau Derawan. Perjalanan memakan waktu hingga tiga jam. Namun jauhnya perjalanan, akan terbayar dengan keindahan Derawan.

#GP-RED/IW/SF.
#SUMBER: dpr.go.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS