Ketahanan Pangan, Babinsa Penajam Turun ke Sawah - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Ketahanan Pangan, Babinsa Penajam Turun ke Sawah

Senin, Agustus 06, 2018
Penajam(KALTIM).GP- Setelah melaksanakan pengamanan pelaksanaan Pilkada serentak 2018 yang sudah dilaksanakan dengan lancar, aman dan damai. Para Babinsa Koramil 0913-01/Penajam selain melaksanakan tugas pokoknya sebagai Babinsa, sekarang aktif kembali untuk melaksanakan pendampingan kepada para petani dalam rangka mensukseskan program swasembada pangan.

Pemerintah dalam mewujudkan swasembada pangan tidak dapat melakukannya sendiri, namun butuh bantuan berupa partisipasi aktif semua elemen masyarakat. Begitu juga pelibatan TNI dalam pendampingan swasembada pangan ini. Babinsa melaksanakan pendampingan kepada para petani mulai dari pengolahan lahan, pembibitan, tanam, penyiangan, pemupukan dan penyemprotan hama serta ikut dalam pendampingan panen padi. Hal ini yang dilakukan Koptu Sariyanto Babinsa Kelurahan Sesumpu ikut serta dalam panen padi disawah milik Bapak Kasim Poktan Padaidi Kelurahan Sesumpu, Kab. Penajam Paser Utara (PPU) Kaltim. Minggu, (05/08/2018).

Dalam mewujudkan program pemerintah ini tidak sepenuhnya dapat berjalan dengan mudah perlu adanya kerjasama antar elemen masyarakat untuk mewujudkan swasembada pangan tersebut, Salah satunya mengajak peran TNI dalam pendampingan tanam padi ini. Dengan adanya peran TNI khususnya babinsa yang ada diwilayah diharapkan permasalahan-permasalahan yang dihadapi para petani dan segera diatasi dengan bekerjasama dengan instansi terkait.

Babinsa berperan aktif dalam percepatan musim tanam sehingga jarak antara pasca panen dengan musim tanam kembali tidak terlalu lama, kemudian juga babinsa melaksanakan pengawasan terhadap pendistribusian pupuk agar pada saat para petani sudah mulai tanam padi tidak terjadi kelangkaan pupuk sehingga berdampak pada hasil panen nanti.

Begitu juga Babinsa ikut serta dalam pemeliharaan dengan berperan aktif mengecek kesawah-sawah sehingga apabila ada hama segera dilakukan penyemprotan agar cepat teratasi dan tidak menyebar ke tanaman padi lainnya.

Bapak Kasim kelompok tani Padaidi kelurahan Sesumpu mengatakan bahwa untuk panen padi kali ini hasilnya meningkat dan lebih cepat dibanding tahun lalu. Walaupun ini musim tanam kedua namun hasilkan tidak kalah dengan yang pertama. Karena hama dan penyakit padi lainnya relatif berkurang.

Bapak Kasim juga mengucapkan terimakasih kepada bapak Babinsa yang selalu aktif dalam pendampingan ke petani maupun poktan kelurahan bendo sehingga hasil panen meningkat. Pungkasnya.

Penrem 091/Asn

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS