Dandim 0913/PPU, Memberi Pembekalan Wawasan Kebangsaan SMK Negeri 2 PPU. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Dandim 0913/PPU, Memberi Pembekalan Wawasan Kebangsaan SMK Negeri 2 PPU.

Rabu, Juli 18, 2018

Penajam(KALTIM).GP- Dandim 0913/Penajam Paser Utara (PPU),  Letkol Inf Mahmud. SIP,  memberikan pembekalan wawasan kebangsaan kepada siswa dan guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 PPU, Selasa (17/07/2018).

Kegiatan tersebut berlangsung di Gedung Pemuda Kabupaten Penajam Paser Utara Jl Provinsi Km. 9, Kel.  Nipah-Nipah,  Kecamatan Penajam Kabupaten Penajam Paser Utara  diikuti sekira 310 siswa.

Materi yang disampaikan meliputi pilar kebangsaan, di antaranya Pancasila sebagai konsensus dasar negara UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Pancasila merupakan paham yang didasarkan atas kesadaran kebangsaan yang kuat. Sedangkan esensi nilai-nilai Pancasila adalah nilai religius, kekeluargaan, keselarasan, kerakyatan dan keadilan,” kata Letkol Inf Mahmud. SIP,  .

Dijelaskan, keragaman dalam satu kesatuan NKRI menyatakan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar yang terdiri dari suku bangsa, ras, bahasa, tapak budaya penduduk yang mendiami pulau di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Keragaman harus menjadi kekuatan untuk bisa mewujudkan Persatuan dan Kesatuan Nasional dalam bingkai NKRI,” ujarnya.

Letkol Inf Mahmud. SIP,  menegaskan, bangsa Indonesia ini lahir dari keberagaman, berbagai etnis kumpul menjadi satu dalam satu lingkungan berbagai penganut Agama saling berkomunikasi satu sama lain dan hidup rukun antar ummat beragama.

Apalagi, kata Mahmud, dalam semboyan bangsa kita sudah sangat jelas, yaitu ‘Bhinneka Tunggal Ika’ yang mengandung arti walaupun kita berbeda tetapi tetap satu.

Perwira TNI pangkat dua bunga itu juga menyampaikan kepada siswa SMK Negeri 2 PPU akan bahaya narkoba yang dapat mengakibatkan hancurnya masa depan generasi muda.

#GP-RED/AMD/PENREM 091 ASN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS