Bakal hadir teknologi baru, jumlah pilot dua jadi satu? - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Bakal hadir teknologi baru, jumlah pilot dua jadi satu?

Jumat, Juli 20, 2018
Farnborough(INGGRIS).GP- Produsen pesawat bekerja untuk menyesuaikan jet untuk mengurangi jumlah pilot yang dibutuhkan untuk penerbangan jarak jauh dan untuk membangun cockpits baru yang dirancang untuk penerbang tunggal untuk mengurangi kekurangan pilot global dan memotong biaya maskapai penerbangan.

Airbus SE dan Thales SA mengharapkan jumlah awak kokpit pada penerbangan jarak jauh, biasanya tiga atau empat, dapat dikurangi menjadi dua dari 2023 berkat teknologi baru untuk mengurangi beban kerja pilot.

“Itu bukan kencan yang absurd. Mengurangi kru di jarak jauh terlihat menjadi langkah yang paling mudah diakses karena ada pilot lain di pesawat, ”kata Jean-Brice Dumont, kepala teknik Airbus, dilansir www.reuters.com di Farnborough Airshow.

Boeing Co sedang memeriksa kemungkinan memiliki pengurangan manning di kokpit jet menengah yang diusulkan yang bertujuan untuk memiliki layanan pada 2025 jika dilanjutkan dengan keputusan peluncuran tahun depan, menurut analis UBS. Boeing tidak segera menanggapi permintaan untuk komentar.

"Anda dapat melihat driver dari kedua sudut," kata Graham Braithwaite, Direktur Sistem Transportasi di Britain's Cranfield University. “Teknologi untuk menerbangkan pesawat secara otomatis adalah brilian. Pengemudi lain dalam semua ini adalah bahwa kita benar-benar kekurangan pilot. Mereka sumber daya yang sangat mahal. "

Para pendukung angka yang berkurang di kokpit mengatakan langkah itu, yang bisa dimulai dengan penerbangan kargo, tidak dapat dihindari, sama seperti jumlah pilot yang dipangkas dari tiga menjadi dua pada 1980-an ketika posisi insinyur penerbangan dipecat karena peningkatan desain pada jet baru seperti Boeing 757.

Maskapai penerbangan global dapat menghemat sekitar 15.000 dolar AS per tahun dengan turun ke satu pilot, kata UBS, dan pada saat kekurangan pilot ini akan membantu memastikan ada cukup penerbang untuk melayani industri yang tumbuh cepat.

Mengganti berbagai tombol dan sakelar dengan lebih banyak antarmuka digital yang akrab bagi remaja saat ini juga dapat membantu mempersingkat waktu yang diperlukan untuk melatih pilot, sehingga mengurangi kekurangan.

Pada akhirnya, tujuannya adalah untuk jet komersial yang sepenuhnya otonom di sepanjang garis mobil tanpa pengemudi, meskipun teknologi itu, yang memerlukan desain jet clean-sheet dari produsen utama, bisa berlangsung hingga 2040, menurut perkiraan dari Thales.

“Saya akan membandingkan otonomi dengan operasi jantung terbuka dari sistem kami. Semua sistem kami ditetapkan memiliki dua orang permanen di kokpit, ”kata Airbus, Dumont.

Kritikus, bagaimanapun, mengatakan ada alasan keamanan yang baik untuk memiliki lebih dari dua pilot di kokpit pada penerbangan jarak jauh dan setidaknya dua pada perjalanan yang lebih pendek, dengan biaya lebih besar daripada manfaatnya.

Peningkatan kerentanan

Misalnya, mengurangi jumlah kokpit menjadi satu dalam fase pelayaran dari penerbangan jarak jauh dapat meningkatkan kelelahan dan kerentanan jika terjadi insiden dalam penerbangan yang tidak terduga sementara pilot lainnya beristirahat, mengatakan tiga pilot yang berbicara kepada Reuters, menunjuk ke Air France 447 crash pada tahun 2009.

Bahkan dengan tiga pilot di pesawat, A330 tidak pulih dari ketinggian yang tinggi. Dalam hal ini, dua lagi penerbang junior berada di kontrol dan kapten, sekali diambil dari istirahat, tidak dapat campur tangan pada waktunya untuk menyelamatkan pesawat.

"Saya telah mengalami simulasi dari apa yang mereka lalui dan, bahkan menyadari bahwa itu akan terjadi, itu sangat membingungkan," kata Murray Butt, presiden persatuan pilot Qantas. "Saya tidak bisa membayangkan bagaimana rasanya selama dua pilot rendah di tengah malam."

Skenario terkait lainnya termasuk kecelakaan sengaja jet Germanwings oleh salah satu pilotnya pada tahun 2015 dan risiko seorang pilot tunggal menderita masalah kesehatan dalam penerbangan.

Pindah ke satu pilot juga akan menciptakan kesulitan pelatihan, kata Stuart Beveridge, seorang pilot komersial dan peneliti penerbangan Australia, karena peran perwira pertama dianggap sebagai langkah magang sebelum mengambil tanggung jawab seorang kapten.

Manfaat finansial mengurangi jumlah awak juga bisa menjadi marjinal, kata konsultan penerbangan James Halstead, karena penghematan biaya penerbangan kemungkinan akan diteruskan ke penumpang dalam bentuk harga tiket yang lebih rendah.

"Pada jarak jauh, crewing adalah bagian kecil dari biaya, dibandingkan dengan bahan bakar dan biaya modal peralatan," tambahnya. "Ini melebihi membayar gaji satu pilot."

Publik terbang juga memiliki kekhawatiran; jajak pendapat UBS hanya menemukan 13% responden akan menggunakan jet dengan pilot tunggal.

#GP-RED

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS