Korsel-Korut Sepakat KTT Antar-Korea Disiarkan Langsung Televisi - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Korsel-Korut Sepakat KTT Antar-Korea Disiarkan Langsung Televisi

Rabu, April 18, 2018
 Spanduk promosi unifikasi kedua Korea (Foto: Jung Yeon-je/AFP)
Seoul(KORSEL).GP- dan Korea Utara (Korut) mencapai kesepakatan untuk sebagian besar isu terkait penyelenggaraan KTT Antar-Korea pada 27 April mendatang di Desa Panmunjom. Salah satu poin yang disepakati adalah KTT Antar-Korea ketiga sepanjang sejarah itu akan disiarkan secara langsung. 

Kesepakatan tersebut tercapai dalam perundingan tingkat tinggi yang digelar di Desa Panmunjom pada Rabu (18/4/2018) siang waktu setempat. Namun, siaran langsung hanya akan menyoroti sebagian saja dari keseluruhan rangkaian KTT Antar-Korea.

Pada kesempatan kedua perundingan, kedua pihak mencapai kesepakatan umum dalam sejumlah area seperti protokoler, langkah pengamanan, dan liputan media,” ujar juru bicara Istana Kepresidenan Korea Selatan, Kwun Hyuk-ki, mengutip dari Yonhap, Rabu (18/4/2018). 

“Kami juga sepakat untuk menunjukkan momen-momen kunci dari KTT Antar-Korea yang bersejarah ini lewat siaran langsung, yang dimulai dengan jabat tangan pertama antara kedua pemimpin,” imbuhnya dalam konferensi pers di Gedung Biru, Istana Kepresidenan Korea Selatan

KTT Antar-Korea ketiga sepanjang sejarah itu adalah yang pertama kali digelar di luar Pyongyang. Penyelenggaraan pertama pada 13-15 Juni 2000, KTT Antar-Korea digelar di Pyongyang. Pun begitu dengan KTT Antar-Korea kedua pada 2-4 Oktober 2007.

Korea Selatan dan Korea Utara juga dikabarkan akan mengumumkan berakhirnya Perang Korea dalam pertemuan tersebut. Direktur Keamanan Nasional Korea Selatan, Chung Eui-yong, memberi sinyal bahwa kabar tersebut benar adanya.

Ia mengatakan, Amerika Serikat (AS) dan Korsel siap menandatangani perjanjian damai dengan Korut jika negara tersebut benar-benar menghentikan ambisi nuklirnya. Akan tetapi, Seoul dan Washington saat ini sedang membahas beberapa isi kesepakatan yang menjadi perhatian Korut yakni jaminan keamanan.

#GP-003/war/okezone.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS