Komunikasi Sosial Merupakan Sarana Penyampaian Pesan Babinsa - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Komunikasi Sosial Merupakan Sarana Penyampaian Pesan Babinsa

Jumat, Desember 06, 2019

Langsa(ACEH)GP- TNI dan masyarakat memang tidak dapat dipisahkan, karena TNI berasal dari rakyat dan akan selalu bersama-sama dengan rakyat dalam menjaga keutuhan NKRI. Untuk itu  TNI  terus menjaga kemanunggalan TNI dengan rakyat, melalui pembinaan teritorial. Seperti yang dilakukan Babinsa Ramil 23/Langsa Timur Kodim 0104/Aceh Timur Serma Mario, ia melaksanakan Komunikasi Sosial bersama warga Desa Alue Pineung, Kecamatan Langsa Timur, Kota Langsa, Jum’at (06-12-2019).

Kepada awak media Danramil 23/Lgst Lettu Inf Andry Haryono melalui Babinsanya mengatakan bahwa dalam memberdayakan kekuatan pertahanan, TNI harus berperan aktif dalam semua bidang termasuk Komsos ini, sedangkan kekuatan TNI saat ini adalah Satkowil yang tergelar dari tingkat Desa, Kecamatan sampai Kabupaten/Kota. Oleh karena itu jajaran Satkowil harus bisa mengembangkan peranannya didaerah, terutama dalam membina potensi pertahanan untuk memberdayakan menjadi kekuatan pertahanan, guna mempertahankan kedaulatan negara dan keutuhan wilayah, melindungi kehormatan dan keselamatan bangsa Indonesia, “ungkapnya.

Binter (Pembinaan Teritorial) merupakan salah satu fungsi utama TNI  dan merupakan bagian tugas yang harus dilaksanakan untuk menwujudkan kemanungglan TNI dan rakyat dalam rangka tercapainya tugas pokok TNI. Dalam mewujudkan dan memelihara semangat kemanunggalan TNI Rakyat maka diperlukan suatu sikap perilaku TNI  yang baik, agar tercipta citra positif di masyarakat. Binter merupakan salah satu fungsi utama TNI dan merupakan bagian dari tugas yang harus dilaksanakan untuk mewujudkan kemanunggalan TNI Rakyat dalam rangka tercapainya tugas pokok TNI, “tegasnya.

Lanjutnya, seorang Babinsa harus memiliki kemampuan komunikasi sosial dengan komponen masyarakat dan aparat pemerintah lainnya, sehingga melalui komunikasi tersebut Babinsa dapat mengajak komponen-komponen yang ada untuk ikut berpartisipasi dalam perencanaan, penyiapan dan apa yang diinginkan oleh pemerintah sebagai program unggulan untuk mensejahterakan masyarakat. Dalam kehidupan bermasyarakat tentu membutuhkan komunikasi. Tanpa komunikasi kehidupan terasa gelap bahkan dapat dikatakan tersesat. Dengan komunikasi kita dapat mempelajari serta menafsirkan situasi apapun yang akan dihadapi. Dengan komunikasi juga dapat beradaptasi serta mengatasi situasi situasi yang sedang terjadi.

Maka dari itu seorang Babinsa harus dapat menjiwai sikap territorial dengan menjabarkan wujud nyata penghayatan dan pengamalan Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI dalam bentuk tingkah laku dan cara bergaul seperti : Murah senyum, Tegur sapa, Rasa hormat & terima kasih, Mengenali adat istiadat, Larut diri disetiap lapisan masyarakat, Positif dalam tata susila, Kesediaan untuk membantu, dan Selalu ikut giat keagamaan, “tandas Babinsa yang murah senyum itu.

#GP | FD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU





Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS