Diduga Hutan Produksi di Desa Lumut, Masih Dijarah Oleh Penambang Ilegal




Bangka(BABEL).GP- Hasil Pantauan awak media, diduga kawasan hutan produksi si Desa Lumut Dusun Gedong Kecamatan Riau silip Kabupaten Bangka masih dijarah oleh penambang timah yang diduga ilegal. Selasa (29/10/2019).

Dari pantauan tim awak media di lokasi, ada beberapa unit alat berat jenis excavator sedang beraktivitas di wilayah yang diduga hutan produksi dan terlihat jelas beberapa orang pekerja sedang melakukan penambangan di lokasi tersebut.
Berdasarkan informasi yang didapat dilapangan dari pekerja tambang. Pemilik tambang ini bernama DD, sedangkan alat berat berkoordinasi dengan oknum aparat. 

Lalu awak media menyambangi kamp/pondok di lokasi penambangan guna konfirmasi dengan beberapa pekerja. 

"Permisi pak !, siapa pemilik tambang ini?, dan alat berat ini punya siapa ya pak?", tanya tim awak media kepada pekerja.
Lalu mereka menjawab, "Pemilik tambang ini punya DD orang Belinyu, dan alat berat nggak tahu punya siapa, tapi koordinasi dengan oknum aparat pak", jawab salah satu pekerja sembari makan siang.


Setelah itu, awak mediapun mengambil titik koordinat lokasi tambang menggunakan ponsel jenis android dengan aplikasi Geotracker dan GPS Essentials, (1°47'01.6"S, 105°49'18.2"E) inilah titik koordinat yang didapat oleh awak media.

Diwaktu yang sama, titik koordinat tersebut di entry ke dalam website https://appgis.blogspot.com/2017/05/peta-kawasan-hutan-bangka-belitung_4.html?m=1 , tertulis situs tersebut merupakan peta kawasan hutan online.

Hasil dari situs menunjukan, bahwa lokasi yang ditambang tersebut masuk dalam kawasan hutan produksi dan hampir memasuki kawasan hutan  konservasi.

Selanjutnya, tim awak media akan segera berkoordinasi dengan pihak kehutanan terkait penambangan yang diduga masuk dalam kawasan hutan produksi. 

#GP | Haswan | Hd | Tim

Post a Comment

0 Comments

PT.Andalas Nusantara Parlemen Mengucapkan, Selamat datang di Website www.goparlement.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga Anda puas, Tertanda; Rifnaldi (CE) Pimred